Beberapa Halaman Buku Deru Tjampur Debu

0

Diposting pada: 23-11-2010 | Oleh: | Berkas: Apresiasi| Dibaca: 534 kali

Buku kuno, versi ja-doel dari kumpulan Puisibaca : Pemenang Lomba Musikalisasi Puisi Pesta Sastra 2011»-puisibaca : Pemenang Lomba Musikalisasi Puisi Pesta Sastra 2011» Chairil Anwarbaca : M. Shoim Anwar: Produktif dalam Fiksi», Deru Tjampur Debu.
Chairil Anwarbaca : M. Shoim Anwar: Produktif dalam Fiksi» (lahir di Medan, Sumatera Utara, 26 Juli 1922 – wafat di Jakarta, 28 April 1949) dikenal sebagai “Si Binatang Jalang” (dalam karyanya berjudul Aku) adalah penyair terkemuka Indonesia. Bersama Asrul Sani dan Rivai Apin, ia dinobatkan oleh H.B. Jassin sebagai pelopor Angkatan ’45 dan puisi modern Indonesia.

Nama Chairil mulai terkenal dalam dunia sastera setelahbaca : Setelah Lebaran » pemuatan tulisannya di “Majalah Nisan” pada tahun 1942, pada saat itu dia baru berusia dua puluh tahun.
Hampir semua puisi-puisi yang dia tulis merujuk pada kematian.
Chairil ketika menjadi penyiar radio Jepang di Jakarta jatuh cinta pada Sri Aryati tetapi hingga akhir hayatnya Chairil tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkannya.

Semua tulisannya yang asli, dikompilasi dalam tigabaca : Tiga Sastrawan Terima Anugerah Hadiah Sastra Yogya» buku : Deru Campur Debu (1949); Kerikil Tajam Yang Terampas dan Yang Putus(1949); dan Tigabaca : Tiga Sastrawan Terima Anugerah Hadiah Sastra Yogya» Menguak Takdir (1950, kumpulan puisi dengan Asrul Sani dan Rivai Apin).

Vitalitas puitis Chairil tidak pernah di imbangi kondisi fisiknya, yang bertambah lemah akibat gaya hidupnya yang semrawut. Sebelum dia menginjak usia dua puluh tujuh tahun, dia sudah kena sejumlah penyakit. Chairil Anwar meninggal dalam usia muda.
Dia dikuburkan di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak, Jakarta. Makamnya diziarahi oleh ribuan pengagumnya dari zaman ke zaman. Hari meninggalnya juga selalu diperingati sebagai Hari Chairil Anwar.

Masuk dari pencarian:

Berbagi Informasi :

  • Stumble upon
  • FB Syaf Anton
  • Tweeter Syaf Anton
  • Gardu Depan
  • Daftar Isi

Setelah membaca, apa komentar Anda?

 

Yang juga baru:close